5 Tahun Pensiun, Ibracadabra Come Back ke Timnas Swedia

5 Tahun Pensiun, Ibracadabra Come Back ke Timnas Swedia

 Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, akan kembali memperkuat timnas Swedia setelah lima tahun pensiun. Hal itu diumumkan oleh Asosiasi Sepak Bola Swedia (SvFF) pada Selasa (16/3/2021) malam WIB. Ibrahimovic dipanggil timnas Swedia bersama 25 pemain lainnya untuk melakoni dua laga Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 dan satu uji coba bulan ini. Pelatih timnas Swedia, Janne Anderson, mengaku sangat bahagia karena Ibrahimovic dalam waktu dekat akan kembali membela negaranya.

 Janne Anderson menilai Ibrahimovic yang kini sudah berusia 39 tahun masih sangat dibutuhkan timnas Swedia terutama untuk membantu perkembangan pemain muda. "Pertama dan paling penting, Ibrahimovic adalah pesepak bola berkualitas. Dia pemain terbaik yang pernah dimiliki Swedia," kata Janne Anderson dikutip dari situs Goal. "Ini sangat lucu karena Ibrahimovic juga ingin kembali ke timnas Swedia," ujar Anderson menambahkan. "Selain kontribusi di lapangan, Ibrahimovic dengan pengalamannya juga akan membantu pemain lain di timnas Swedia," tutur Anderson. Tidak lama setelah SvFF memberi pengumuman, Ibrahimovic seperti biasa juga membuat kejutan di akun sosial media pribadinya. Melalui Twitter, Ibrahimovic mengunggah foto dirinya ketika menjadi kapten timnas Swedia dengan keterangan:

The return of the God @svenskfotboll pic.twitter.com/hQThIdWRY0 — Zlatan Ibrahimovi? (@Ibra_official) March 16, 2021 

Penampilan terakhir Ibrahimovic bersama timnas Swedia terjadi pada laga fase grup Piala Eropa 2016 melawan Belgia, 22 Juni 2016. Ibrahimovic kemudian memutuskan pensiun dari sepak bola internasional setelah timnas Swedia gagal melaju ke fase gugur Piala Eropa 2016. Secara keseluruhan, Ibrahimovic sudah mengoleksi 116 penampilan bersama timnas Swedia terhitung sejak debut pada 2001. Ibrahimovic tercatat ikut membantu timnas Swedia mengarungi dua Piala Dunia dan empat Piala Eropa selama 15 tahun pengabdian pertamnya. Dari total 116 penampilan, Ibrahimovic berhasil mencetak 62 gol. Angka itu membuat Ibrahimovic menyandang status top skor sepanjang masa timnas Swedia hingga saat ini. Baca juga: Kisah Ibrahimovic Perang Dingin dengan Eks Bos Milan, Seret PSG Setelah pensiun pada 2016, Ibrahimovic malang melintang membela tiga klub, yakni Manchester United, Los Angelex Galaxy, dan kini AC Milan. Di sisi lain, timnas Swedia tanpa Ibrahimovic sempat mengukir sejarah ketika berhasil menembus perempat final Piala Dunia 2018 di Rusia. Lolos sampai perempat final adalah pencapaian tertinggi timnas Swedia sejak 1994. Ibrahimovic kemungkinan akan melakoni debut keduanya bersama timnas Swedia pada laga melawan Georgia. Duel Swedia vs Georgia merupakan laga pertama Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa yang akan dihelat di Friends Arena, Kamis (25/3/2021).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel